Header Ads

cara memulai bisnis startup yang baik

  • Hidup di masa depan Sebagian besar dari kita hidup di masa lalu atau sekarang. Lebih mudah menganalisa apa yang sudah berhasil dan memikirkan cara untuk mereplikasi kesuksesan. Ini dipikirkan secara analogi. Ini adalah cara yang sah untuk berpikir, kecuali bahwa ini bukanlah cara untuk menciptakan startup besar. Startups besar didasarkan pada gagasan dua jenis - jelas dan keras, seperti SpaceX Elon Musk; Dan tidak jelas dan keras, seperti Uber. Jika Anda tidak melihat yang jelas dan keras atau yang tidak jelas, ada nama untuk itu - "Schlep Blindness". SpaceX adalah ide yang jelas karena satu-satunya perusahaan lain yang bisa mengirim orang ke Mars, NASA, tidak memiliki rencana untuk melakukannya pada saat SpaceX dimulai. Jadi sudah jelas. Karena sudah jelas dan tidak ada orang lain yang melakukannya - asumsi yang masuk akal adalah tidak mungkin. Namun jika Anda tinggal di masa depan, juga akan jelas bagi Anda bahwa umat manusia akan pergi ke Mars (atau planet lain) atau punah di beberapa titik. Kemungkinan besar kita akan menemukan cara untuk meninggalkan kerikil biru ini. Jadi yang tidak mungkin harus dilakukan. Dengan UberPool, gagasan bahwa pada suatu titik waktu tertentu setidaknya ada dua orang yang pergi dari lokasi yang sama ke tempat tujuan yang sama tidak jelas. Hal ini membutuhkan setidaknya tiga asumsi. Sulit karena Anda harus mengumpulkan dan menyimpan data pegunungan tentang di mana orang benar-benar pergi ke kota. Analisis data semacam itu baru tersedia sekarang. Tapi Uber memikirkannya saat mereka menawari tumpangan pertama mereka di tahun 2009. Mereka tinggal di masa depan.

  • Lihat apa yang hilang di dunia ini. Anda mungkin memperhatikan bahwa sebelum Uber, naik taksi tidak menyenangkan. Anda mungkin memperhatikan bahwa sebelum orang SpaceX kurang tertarik pada ruang. Tapi itu sudah masa lalu. Apa yang hilang sekarang Lebih penting lagi apa yang hilang dari hidupmu sekarang?
  • Tuliskan. Tidak peduli seberapa pintar Anda, Anda tidak akan ingat semua wawasan Anda. Percakapan Anda dengan orang lain, pengamatan acak, dan pikiran mandi yang patut ditindaklanjuti. Tulis ini selesai atau hilang. Melamun memiliki nilai. Einstein punya nama lain untuk itu - eksperimen pemikiran.
  • Buatlah sebuah prototipe. Sebagian besar pikiran Anda, bahkan yang terbaik sekalipun, tidak akan pernah melihat terang hari itu dengan sedih. Anda akan melupakan mereka jika dilupakan meskipun Anda menuliskannya. Satu-satunya pengecualian adalah pikiran Anda prototipe. Makethem fisik jika mereka bisa - memprogramnya, merancangnya, melakukan apapun yang membuat mereka lebih dari sekadar pikiran. Kebanyakan orang akan berhenti di sini. Jadi jika Anda melakukan ini, Anda sudah berada di depan kurva imajiner.
  • Tampilkan prototipe ke 100 orang. Sekarang Anda perlu keluar dari zona nyaman Anda dan mencari orang-orang yang akan mengkritik prototipe Anda. Idealnya, ini adalah kedua orang yang sudah Anda kenal dan kenal orang asing. Mengapa 100? Karena Anda membutuhkan perspektif yang luas dan mudah-mudahan sebuah pola untuk dikenali dari semua umpan balik.
  • Iterasi. Meskipun beberapa orang akan melakukannya dengan benar pada percobaan pertama, kemungkinan Anda tidak akan melakukannya. Jadi bersiaplah untuk mengulang semuanya dari awal. Inilah "founder MBA" Anda, kecuali gratis.
  • Temukan co-founder. Ketika prototipe mulai masuk akal, carilah orang lain yang akan menuangkan satu dekade kehidupan mereka ke dalam proyek ini karena akan mengubah dunia dan mungkin mereka tidak memiliki hal yang lebih bermakna untuk dilakukan dalam kehidupan saat ini.
  • Daftarkan bisnis Anda. Ekuitas split Akhirnya, langkah mudah. Dapatkan pengacara yang akan mendaftarkan perusahaan Anda. Berikan pendirinya sebagai ekuitas sebanyak yang akan membuat mereka bekerja paling keras, sementara Anda mempertahankannya sebanyak yang akan membuat Anda memberikan semuanya.
  • Carilah pendanaan dan bangun versi satu. Kecuali Anda memiliki cukup tabungan untuk membangun versi satu, cari investor. Sementara Anda melakukan itu membangun versi satu. Anda harus terus membangun karena tidak ada jaminan kapan atau apakah Anda menemukan investor. Jangan berasumsi bahwa Anda akan hanya karena startup lain didanai. Asumsikan yang terburuk, dan bangunlah produk Anda.
  • Meluncurkan. Pada saat itu bahkan ada sedikit manfaat dalam produk Anda, luncurkan itu. Fitur ekstra, antarmuka yang lebih baik, waktu muat lebih cepat dan pengoptimalan lainnya mungkin tidak akan menyimpannya, jika fitur utamanya tidak berguna.
  • Tindak lanjuti dengan pengguna. Apakah pengguna kembali? Cari tahu mengapa mereka tidak.
  • Luncurkan lagi. Luncurkan sebanyak yang dibutuhkan. Pada titik tertentu, jika setidaknya beberapa lusin orang kembali dengan sendirinya, Anda mungkin membuat sesuatu yang berharga.
  • Dapatkan ke 1.000 pengguna. Ini mungkin tidak tampak seperti banyak, tapi 1.000 pengguna pertama akan menunjukkan kelemahan dari apa yang telah Anda bangun. Anda mungkin harus merekrutnya secara manual. Bagaimana secara manual? Bawa komputer mereka dan buka situs Anda untuk mereka. Apa pun yang diperlukan.
  • Tumbuh. Paul Graham mendorong startups untuk tumbuh minimal 5% per minggu. Jika Anda tumbuh sebanyak itu, dalam waktu 4 tahun Anda akan mendapatkan 25 juta pengguna. Dengan kata lain, Anda akan menjadi salah satu startup terbesar.
  • Sukses - apapun itu Anda bisa IPO, menjual perusahaan Anda ke perusahaan lain atau tetap pribadi dengan meyakinkan investor bahwa ada kejadian likuiditas yang lebih besar. Bahkan sekarang pun, Anda mungkin atau mungkin tidak membuat dunia menjadi lebih baik. WebVan IPO'ed, tapi cepat lenyap. Pikirkan tentang jenis penyok di alam semesta yang ingin Anda tinggalkan dengan startup Anda.

Tidak ada komentar