Hidup di masa depan Sebagian besar dari kita hidup di masa
lalu atau sekarang. Lebih mudah menganalisa apa yang sudah berhasil dan
memikirkan cara untuk mereplikasi kesuksesan. Ini dipikirkan secara
analogi. Ini adalah cara yang sah untuk berpikir, kecuali bahwa ini
bukanlah cara untuk menciptakan startup besar. Startups besar didasarkan
pada gagasan dua jenis - jelas dan keras, seperti SpaceX Elon Musk; Dan
tidak jelas dan keras, seperti Uber. Jika Anda tidak melihat yang jelas
dan keras atau yang tidak jelas, ada nama untuk itu - "Schlep
Blindness". SpaceX adalah ide yang jelas karena satu-satunya perusahaan
lain yang bisa mengirim orang ke Mars, NASA, tidak memiliki rencana
untuk melakukannya pada saat SpaceX dimulai. Jadi sudah jelas. Karena
sudah jelas dan tidak ada orang lain yang melakukannya - asumsi yang
masuk akal adalah tidak mungkin. Namun jika Anda tinggal di masa depan,
juga akan jelas bagi Anda bahwa umat manusia akan pergi ke Mars (atau
planet lain) atau punah di beberapa titik. Kemungkinan besar kita akan
menemukan cara untuk meninggalkan kerikil biru ini. Jadi yang tidak
mungkin harus dilakukan. Dengan UberPool, gagasan bahwa pada suatu titik
waktu tertentu setidaknya ada dua orang yang pergi dari lokasi yang
sama ke tempat tujuan yang sama tidak jelas. Hal ini membutuhkan
setidaknya tiga asumsi. Sulit karena Anda harus mengumpulkan dan
menyimpan data pegunungan tentang di mana orang benar-benar pergi ke
kota. Analisis data semacam itu baru tersedia sekarang. Tapi Uber
memikirkannya saat mereka menawari tumpangan pertama mereka di tahun
2009. Mereka tinggal di masa depan.
Lihat apa yang hilang di dunia ini. Anda mungkin
memperhatikan bahwa sebelum Uber, naik taksi tidak menyenangkan. Anda
mungkin memperhatikan bahwa sebelum orang SpaceX kurang tertarik pada
ruang. Tapi itu sudah masa lalu. Apa yang hilang sekarang Lebih penting
lagi apa yang hilang dari hidupmu sekarang?
Tuliskan. Tidak peduli seberapa pintar Anda, Anda tidak akan
ingat semua wawasan Anda. Percakapan Anda dengan orang lain, pengamatan
acak, dan pikiran mandi yang patut ditindaklanjuti. Tulis ini selesai
atau hilang. Melamun memiliki nilai. Einstein punya nama lain untuk itu -
eksperimen pemikiran.
Buatlah sebuah prototipe. Sebagian besar pikiran Anda, bahkan
yang terbaik sekalipun, tidak akan pernah melihat terang hari itu
dengan sedih. Anda akan melupakan mereka jika dilupakan meskipun Anda
menuliskannya. Satu-satunya pengecualian adalah pikiran Anda prototipe.
Makethem fisik jika mereka bisa - memprogramnya, merancangnya, melakukan
apapun yang membuat mereka lebih dari sekadar pikiran. Kebanyakan orang
akan berhenti di sini. Jadi jika Anda melakukan ini, Anda sudah berada
di depan kurva imajiner.
Tampilkan prototipe ke 100 orang. Sekarang Anda perlu keluar
dari zona nyaman Anda dan mencari orang-orang yang akan mengkritik
prototipe Anda. Idealnya, ini adalah kedua orang yang sudah Anda kenal
dan kenal orang asing. Mengapa 100? Karena Anda membutuhkan perspektif
yang luas dan mudah-mudahan sebuah pola untuk dikenali dari semua umpan
balik.
Iterasi. Meskipun beberapa orang akan melakukannya dengan
benar pada percobaan pertama, kemungkinan Anda tidak akan melakukannya.
Jadi bersiaplah untuk mengulang semuanya dari awal. Inilah "founder MBA"
Anda, kecuali gratis.
Temukan co-founder. Ketika prototipe mulai masuk akal,
carilah orang lain yang akan menuangkan satu dekade kehidupan mereka ke
dalam proyek ini karena akan mengubah dunia dan mungkin mereka tidak
memiliki hal yang lebih bermakna untuk dilakukan dalam kehidupan saat
ini.
Daftarkan bisnis Anda. Ekuitas split Akhirnya, langkah mudah.
Dapatkan pengacara yang akan mendaftarkan perusahaan Anda. Berikan
pendirinya sebagai ekuitas sebanyak yang akan membuat mereka bekerja
paling keras, sementara Anda mempertahankannya sebanyak yang akan
membuat Anda memberikan semuanya.
Carilah pendanaan dan bangun versi satu. Kecuali Anda
memiliki cukup tabungan untuk membangun versi satu, cari investor.
Sementara Anda melakukan itu membangun versi satu. Anda harus terus
membangun karena tidak ada jaminan kapan atau apakah Anda menemukan
investor. Jangan berasumsi bahwa Anda akan hanya karena startup lain
didanai. Asumsikan yang terburuk, dan bangunlah produk Anda.
Meluncurkan. Pada saat itu bahkan ada sedikit manfaat dalam
produk Anda, luncurkan itu. Fitur ekstra, antarmuka yang lebih baik,
waktu muat lebih cepat dan pengoptimalan lainnya mungkin tidak akan
menyimpannya, jika fitur utamanya tidak berguna.
Tindak lanjuti dengan pengguna. Apakah pengguna kembali? Cari tahu mengapa mereka tidak.
Luncurkan lagi. Luncurkan sebanyak yang dibutuhkan. Pada
titik tertentu, jika setidaknya beberapa lusin orang kembali dengan
sendirinya, Anda mungkin membuat sesuatu yang berharga.
Dapatkan ke 1.000 pengguna. Ini mungkin tidak tampak seperti
banyak, tapi 1.000 pengguna pertama akan menunjukkan kelemahan dari apa
yang telah Anda bangun. Anda mungkin harus merekrutnya secara manual.
Bagaimana secara manual? Bawa komputer mereka dan buka situs Anda untuk
mereka. Apa pun yang diperlukan.
Tumbuh. Paul Graham mendorong startups untuk tumbuh minimal
5% per minggu. Jika Anda tumbuh sebanyak itu, dalam waktu 4 tahun Anda
akan mendapatkan 25 juta pengguna. Dengan kata lain, Anda akan menjadi
salah satu startup terbesar.
Sukses - apapun itu Anda bisa IPO, menjual perusahaan Anda ke
perusahaan lain atau tetap pribadi dengan meyakinkan investor bahwa ada
kejadian likuiditas yang lebih besar. Bahkan sekarang pun, Anda mungkin
atau mungkin tidak membuat dunia menjadi lebih baik. WebVan IPO'ed,
tapi cepat lenyap. Pikirkan tentang jenis penyok di alam semesta yang
ingin Anda tinggalkan dengan startup Anda.
Post a Comment